RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. Nama Sekolah : SMK PGRI 1 MEJOBO KUDUS
II. Mata Pelajaran : Matematika
III. Kelas / Semester : XII / 5
V. Alokasi waktu : 4 x 45 menit ( 2 kali pertemuan )
VI. Standar Kompetensi : Menerapkan konsep Statistika dalam pemecahan masalah
VII. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi pengertian Statistik, Statistika, Populasi dan
VIII. Indikator : 1. Dapat membedakan antara statistik dan statistika sesuai dengan definisinya
2. Dapat membedakana Populasi dan sampel menurut karakteristiknya
Setelah mengikuti proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertian statistic dan statistika.
2. Dapat membedakan antara statistik dan statistika sesuai dengan definisinya.
1. Siswa dapat membedakan pengertian populasi dan sampel
2. Siswa dapat menyebutkan macam – macam data dan memberi contohnya
1. Pengertian Statistik dan Statistika
2. Pengertian populasi dan sampel
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan dengan pendekatan kontekstual
XII. Langkah – langkah /Strategi Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke – 1 ( 2 x 45 menit )
1. Kegiatan Awal (10 menit ) MEMAKAI METODE STAD
· Guru menugasi siswa untuk mengelompok sesuai dengan kelompok masing masing.
· Guru menugasi semua siswa untuk menyimak materi ( modul ) statistika.
· Guru mengawasi dan membimbing.
· Guru sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mendapat kesulitan.
XIII. Uraian materi kegiatan belajar
1. Pengertian Statistik dan Statistika
Statistik adalah kumpulan data, bilangan maupun nonbilangan yang disusun dalam
tabel dan diagram yang menggambarkan suatu persoalan.
Misal: statistik penduduk, statistik kelahiran, dan sebagainya.
Statistika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan
Hampir semua ilmu pengetahuan menggunakan statistika, misalnya:
Pada umumnya statistika digunakan oleh para peneliti antara lain untuk:
a. menentukan sampel dan mencatatnya secara sistematis;
b. membaca data yang telah dikumpulkan;
c. melihat ada atau tidaknya hubungan (korelasi) antar variabel;
d. melakukan prediksi (peramalan) untuk masa lalu maupun masa depan; serta
e. mengadakan interpretasi data.
· Guru bersama siswa membuat rangkuman atau simpulan pelajaran .
· Melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
· Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
· Menugasi siswa untuk mempelajari materi selanjutanya
Pertemuan ke – 2 ( 2 x 45 menit )
2. Kegiatan inti ( 70 menit ) DENGAN MEMAKAI METODE KOOPERATIF
· Guru mengawasi dan membimbing.
· Guru sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang mendapat kesulitan.
Uraian materi kegiatan belajar
Pengertian Populasi dan Sampel
a. Populasi adalah keseluruhan objek yang akan diteliti (diamati). Populasi merupakan
totalitas semua nilai yang mungkin, hasil menghitung atau mengukur, kuantitatif
maupun kualitatif mengenai karakteristik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap
dan jelas yang ingin dipelajari sifat-sifatnya.
b. Sampel (contoh) adalah sebagian yang diambil dari populasi.
Pengambilan sampel harus dapat mewakili (representatif) bagi populasi itu sendiri.
Contoh: Akan diadakan penelitian tentang pengaruh pemakaian pupuk urea pada
tanaman padi di wilayah kecamatan yang terdiri atas 15 buah desa dan sebagai
lahan penelitian Pak Camat menunjuk 4 desa.
Maka populasinya adalah seluruh desa (15 desa) di kecamatan itu. Sebagai
Data adalah himpunan keterangan atau bilangan dari objek yang diamati. Menurut
jenisnya, data dibedakan menjadi:
a. Data kuantitatif adalah data yang dapat dinyatakan dengan bilangan.
Data kuantitatif dibagi dua, yaitu:
1. Data diskrit: data yang diperoleh dari hasil menghitung.
Contoh: – Banyaknya siswa SMKN 1 Jakarta 600 orang.
– Satu kilogram telur berisi 16 butir.
2. Data kontinu: data yang diperoleh dari hasil mengukur.
Contoh: – Berat badan 3 orang siswa adalah 45 kg, 50 kg, dan 53 kg.
3. Data kualitatif adalah data yang tidak dapat dinyatakan dengan bilangan.
Data yang baru dikumpulkan dan belum diolah disebut data mentah. Metode pengumpulan
a. metode sampling adalah pengumpulan data dengan meneliti sebagian anggota populasi;
b. metode sensus adalah pengumpulan data dengan meneliti semua anggota populasi.
Adapun cara untuk mengumpulkan data adalah:
d. Koleksi ( data dari media cetak atau elektronik )
Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman kemudian diberi tugas pekerjaan rumah
XIV. Alat/ Bahan / Sumber dan media pembelajaran
b. Statistika untuk penelitian (Drs. Sugiyono, CV. Alfabeta Bandung)
c. Matematika SMK 3 : Syamsudin (Grasindo, Jakarta 2005)
d. Matematika SMK 3 : Edy Suranto, S.Pd. (Yudhistira, 2006-09-16)
e. Matematika SMK : Drs. Alamsyah dan Erna Surnarti (Armoci Bandung, 2005)
f. Pelajaran Statistikk untuk SMEA dan Sederajat : Drs. Nugroho Budiyuwono (BPFE Yogyakarta,1990
Test tertulis bentuk uraian obyektif
Guru menugasi semua siswa untuk mengerjakan test formatif.
1. Jelaskan pangertian statistik dan statistika !
2. Jelaskan kegunaan statistic !
3. Jelaskan pengertian populasi !
4. Jelaskan pengertian sampel !
5. Sebutkan macam-macam data !
a Sebutkan popuasi dalam pengertian itu !
b Sebutkan jumlah(banyaknya) dalam populasi itu !
3. Populasi : Keseluruhan objek yang jelas dan lengkap serta memilki ciri-ciri khusus. (Skor 1)
4. Sampel : Sebagian kecil dari populasi yang diambil dalam suatu penelitian. (Skor 1)
6. a. Populasinya semua siswa tunas harapan. (skor 1)
b. Banyak siswa36X36=1296 siswa. (skor 1)
c. Contoh sampel kelas I saja atau kelas II saja. (skor 1)
Nilai =
Score
· Setiap nomer soal diberi bobot nilai yg berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar